Penjelasan NoFollow dan DoFollow Dalam Satu Link

Dalam sebuah forum saya sempat membaca sebuat trid yang berjudul  "Memperkosa Nofollow  Blog" nah dalam postingan kali saya akan mengangkat tema "Penjelasan Nofollow Dan Dofollow Dalam Satu Link" bicara blog Nofollow atau Dofollow Mungkin blog anda pernah di hinggapi jenis komentar yang menyelipkan rel="dofollow" atau rel="follow" di kode html link dari pengunjung yang sedang agresif mencari backlink, contohnya seperti ini :
<a href=”http://namasitus.com” rel=”dofollow”>Nama Teks</a>
atau
<a href=”http://namasitus.com” rel=”follow”>Nama Teks</a>

Khususnya saat sedang mengikuti Kontes SEO itu semua masih bisa dimaklumi karenanya mereka berharap dengan menyelipkan rel follow/dofollow pada link html, akan mendapat poin dari Google. Namun benarkah dugaan/harapan mereka?

Untuk lebih jelasnya coba silakan kunjungi di sebuah Forum Diskusi Forum Google diawali dari sebuah pertanyaan dan kebetulan di jawab langsung oleh Matt Cutts. Dari diskusi ini dapat kita jadikan sebagai jawaban

Si penanya mempertanyakan rel=”follow” yang di selipkan oleh pengunjungnya, dan setelah saya lihat struktur htmlnya sedikit berbeda dari yang biasanya saya temui, seperti dibawah ini  contohnya linknya :

<a rel="follow" href="http://www.example.com/" rel="nofollow">Example</a> 

Seperti kita lihat si komentator menempatkan “Follow” dibagian depan, kemudian, “Nofollow” dibagian belakang. Memang tidak lazim formasi diatas, buat apa menambahkan nofollow, jika kita sudah mengetahui bahwa blog tersebut adalah murni gunakan rel nofollow?

Si penanya bertanya :
My question is: will <a rel=”follow” make Googlebot follow the above link?
(Artinya : Pertanyaan saya: apakah Google akan mengikuti link diatas?)

Pertanyaan tersebut akhirnya tumbuh menjadi sebuah diskusi cukup hangat, setelah seorang member memberikan ulasan yang sepertinya memberi kemungkinan bahwa tipe html link tersebut berpotensi di follow oleh Google 

rel=follow does nothing, but having two rel= attributes might cause G to ignore the second one.
(Artinya : rel=follow tidak berarti, namun memiliki dua atribut rel= memungkinkan Google mengacuhkan (rel) yang kedua)

Jadi timbul kemungkinan, bahwa link dengan follow di depan nofollow akan di follow oleh Google? Matt Cutts memberi jawaban sangat jelas untuk ini, berikut jawabannya  :

Good question. I’ve seen 1-2 other people wondering about this. The short answer is that we’ll make sure the rel=”nofollow” takes precedence. Otherwise spammers could exploit this.
(Artinya : Jawaban singkat untuk ini ialah, kami (Google) memastikan bahwa rel=nofollow yang akan di utamakan/didahulukan. Jika tidak, para spammer akan mengeksploitasi teknik ini)


Jadi jelas sudah bahwa jika ada Nofollow Dan Dofollow Dalam Satu Link html, maka Google akan mengutamakan/berpijak pada rel=”nofollow”, lagipula rel=”follow” dan rel=”dofollow” memang tidak berarti. Standardisasi global sebuah link mendapat poin atau tidak: jika tidak ada rel="nofollow" bukan dengan keberadaan rel="follow/dofollow".

Dan Wordpress juga Blogspot tidak lagi memunculkan jenis rel itu, jika anda melihat dari view source browser, maka hanya rel=”nofollow” yang muncul. Jadi sebaiknya hentikan aktifitas itu, karena percuma sama sekali, membangun link lewat Social Bookmark, Jaringan Blog dan media lainnya adalah solusi tercerdas atau cari blog yang memang dofollow.

RANK

FRIENDS